PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA

[ SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA ]
BAGIMU NEGERI, JIWA RAGA KAMI, NKRI HARGA MATI

PAS MAHAGURU
Home » , » PENGUKUHAN PENGURUS PUSAT IKA UPI BANDUNG

PENGUKUHAN PENGURUS PUSAT IKA UPI BANDUNG

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pengukuhan Pengurus Pusat IKA UPI Bandung. Pada Hari Senin, 4 Desember 2017 bertempat di Hotel EL Royale Bandung, Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bapak Enggartiasto Lukita mengukuhkan secara resmi Pengurus Pusat IKA UPI untuk Masa Bakti 2017-2022. Pengukuhan Pengurus IKA UPI Bandung tersebut turut dihadiri Kepala Staf Presiden yang juga Ketua Dewan Penasehat IKA UPI Bapak Teten Masduki, Rektor UPI Asep Kadarohman, Ketua Dewan Guru Besar UPI Fuad Abdul Hamied, pengurus komisariat IKA UPI di Jawa Barat, dan sejumlah sesepuh IKA UPI seperti Popong Otje Djundjunan dan Zulkabir.

Pengukuhan Pengurus Pusat IKA UPI Bandung
Gambar Sumber : http://berita.upi.edu/archives/15411

Dalam sambutannya, Enggartiasto menegaskan bahwa keberadaan IKA UPI merupakan sebuah keberlanjutan sejarah keberagaman yang secara historis melekat dengan UPI. Komposisi pengurus IKA UPI, papar Enggar, mencerminkan spirit keberagaman alumni UPI yang kini berdiaspora ke berbagai daerah maupun profesi dan garis politik. Namun demikian, aneka rupa latar belakang dan fortofolio pengurus tersebut melebur dan menyatu ketika mereka berhimpun dalam wadah IKA UPI.

Menteri Perdagangan Kabinet Kerja ini menegaskan, meski pengurus IKA UPI banyak yang di antaranya berasal dari partai politik, namun organisasi IKA UPI tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun. IKA UPI adalah organisasi mandiri dan netral. “Jangan menarik-narik IKA UPI ke politik. Kalau saja mau menarik atau mengklaim ke dalam partai politik, maka saya sendiri sebagai ketua umum yang melakukannya duluan,” ujarnya sambil tersenyum.

Lebih jauh Enggartiasto menjelaskan, komposisi Pengurus Pusat IKA UPI 2017-2022 merepresentasikan kemajemukan dalam beberapa hal. Pertama, menyangkut keterwakilan fakultas, angkatan, dan gender. Dia memastikan bahwa tim yang dipimpinnya hingga lima tahun depan mewakili berbagai fakultas yang ada di UPI, sehingga tidak ada dominasi salah satu fakultas atau beberapa fakultas. Komposisi jua menimbang regenerasi yang didatandai dengan masuknya sejumlah angkatan muda ke dalam struktur pengurus, termasuk pengurus harian. Sementara keberpihakan pada perempuan ditandai dengan masuknya sejumlah aktivis perempuan ke dalam skuad 2017-2022.

Dalam sambutannya, Rektor UPI Asep Kadarohman mengaku sangat menyambut baik dan sangat siap membangun kerjasama dengan Pengurus Pusat IKA UPI Masa Bakti 2017-2022. Asep secara khusus memberikan catatan pada pokok-pokok sambutan Ketua Umum Enggartiasto Lukita terkait keberagaman dalam tubuh IKA UPI maupun almamater. Konsep ini sejalan dengan upaya universitas dalam merawat kebhinekaan.

“Ada frase menarik yang tadi disampaikan Ketua Umum IKA UPI, yakni IKA UPI sebagai rumah kita. Saya kira ini frase yang menyejukkan kita semua. Intinya unity in diversity. Dalam keragaman, kita merupakan satu kesatuan. Marilah kita bangun tangga sedemikian rupa sehingga satu alumni saling menopang dengan alumni yang lainnya,” tandas Asep.

Untuk mendukung upaya tersebut, Asep mengungkapkan pihak universitas telah menyediakan sebuah bangunan bersejarah untuk dijadikan sekretariat IKA UPI. Keberadaan sekretariat di dalam kampus diharapkan mampu menghadirkan suasana “rumah kita” bagi para alumni sebagaimana disampaikan Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita.

Menanggapi salah satu bagian pidato Ketua Umum IKA tentang pendidikan vokasi, Rektor mengaku tengah mengembangkan pusat-pusat keunggulan pendidikan vokasi di kampus daerah. Meski pemerintah menilai pendidikan vokasi sebagai sebuah kebutuhan, namun Asep menilai kajian-kajian mengenai pendidikan vokasi masih terbilang kurang. Untuk itu, UPI mengajak segenap alumni untuk bersama-sama dengan universitas dalam mengembangkan pendidikan vokasi.

Di bagian lain, Asep melaporkan bahwa per 11 September 2017 lalu UPI telah memiliki dana abadi pendidikan dengan dana awal sebesar Rp 14,7 miliar. Hasil dana abadi ini akan dimanfaatkan untuk membantu mahasiswa yang secara ekonomi memiliki keterbatasan. Dengan demikian, meskipun mahasiswa tidak mampu membayar biaya pendidikan, mereka tetap bisa menikmati pendidikan di UPI.

"Sejalan dengan itu, kami mengajak para alumni untuk bersama-sama membesarkan dana abadi ini. Kalau para alumni berminat menambah dana abadi itu, maka ingatlah alamat kampus kita tercinta ini, Jalan Setiabudhi Nomor 229. Nomor itu yang menjadi penanda dalam nomor rekening dana abadi, lengkapnya: Bank BNI, Nomor Rekening 229 229 4 229. Alamat sekaligus nomor itu diharapkan menjadi pengingat para alumni terhadap rumah kita tadi, IKA UPI rumah kita semua. UPI rumah kita semua," tandas Rektor. (Najip Hendra SP/Wasekjen IKA UPI)

Sumber Berita : http://berita.upi.edu/archives/15411
SHARE THIS :

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar.
Tulis Komentar Yang Sopan Yahhh...

 
Copyright © 2013. PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA
PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA - INDONESIA
Proudly powered by : Blogger