PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA

[ SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA ]
BAGIMU NEGERI, JIWA RAGA KAMI, NKRI HARGA MATI

PAS MAHAGURU
Home » , » INFORMASI SNMPTN TAHUN 2016

INFORMASI SNMPTN TAHUN 2016

Informasi SNMPTN Tahun 2016. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing (Perguruan Tinggi Negeri) PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui : Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

INFORMASI SNMPTN TAHUN 2016
Sumber Gambar : http://pmb.upi.edu

SNMPTN diikuti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN yang kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Informasi SNMPTN 2016 meliputi : ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), tatacara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh pihak sekolah dan calon peserta. Secara rinci, informasi tentang tatacara pengisian PDSS dimuat dalam Panduan Pengisian PDSS yang dapat diakses di laman http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan tatacara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2016 dimuat sebagai panduan peserta yang dapat di akses di laman http://www.snmptn.ac.id.

TUJUAN
  • Memberikan kesempatan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Madrasah Aliyah (MA). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri, yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi.
  • Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

KETENTUAN UMUM dan PERSYARATAN
Ketentuan Umum
  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun ATAU semester1(satu)sampai dengan semester7(tujuh) bagiSMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi di laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait penerimaan Mahasiswa Baru.

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN 2016 adalah:
  • SMA/MA/SMK negeri maupun swasta, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar :

Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang :

Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester 3, semester 4, dan semester 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut :
  • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi Lainya, 10% terbaik di sekolahnya.

TAHAPAN MENGIKUTI SNMPTN
Tahapan mengikuti SNMPTN, sebagai berikut :
Pengisian PDSS dan Verifikasi PDSS
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id 
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan .
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

LAMAN RESMI DAN ALAMAT PANITIA
  • Informasi resmi SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi juga dapat diakses melalui http://halo.snmptn.ac.id.
  • Informasi juga dapat diperoleh di Kantor Humas PTN terdekat.

ALAMAT PANITIA NASIONAL

Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sayap Utara Lantai 1
Jalan Colombo No 1 Yogyakarta 55281
Telp 0274 – 544049, Fax 0274 – 520 – 325
Email: sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Untuk Informasi lebih lengkap nya silahkan kunjungi alamat di bawah ini :
1. http://pmb.upi.edu
2. http://www.sbmptn.or.id
3. http://www.snmptn.ac.id

Sumber : http://pmb.upi.edu
SHARE THIS :

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar.
Tulis Komentar Yang Sopan Yahhh...

 
Copyright © 2013. PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA
PAS MAHAGURU UPI KAMPUS PURWAKARTA - INDONESIA
Proudly powered by : Blogger